November 5, 2018

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pallet Plastik

Pallet plastik adalah produk yang semakin populer akhir-akhir ini. Namun apakah ada pertanyaan di pikiran Anda yang masih belum terjawabkan? Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban populer seputar produk ini.


Saya sudah membaca banyak tentang kebersihan pallet plastik. Namun apa bedanya pallet hygienic dengan pallet biasa?

Pada dasarnya pallet ini jauh lebih higienis daripada kayu. Ada jenis khusus yaitu hygienic yang permukaannya rata dan polos di seluruh sisi agar dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Bila perusahaan seperti penyedia produk medis membutuhkan segala hal yang higienis, maka pallet inilah yang sebaiknya digunakan.


Bagaimana cara mengetahui apabila pallet yang saya beli cocok dengan produk perusahaan saya?

Pallet plastik pada umumnya memiliki tiga kapasitas yaitu kapasitas beban statis (muatan maksimal yang dapat ditahan oleh pallet ketika diletakkan pada permukaan padat), beban dinamis (muatan maksimal dapat menampung beban saat dipindahkan oleh forklift), serta racking load, yaitu beban maksimal yang dapat dimuat oleh pallet saat disusun.

Semua pallet plastik memiliki safety margin (batas aman) yang akan memastikan bahwa Anda memberikan muatan pada batas yang dapat diterima. Tentunya Anda juga harus memberikan beban yang sama rata pada pallet tersebut. Bila Anda memiliki produk yang dapat bergeser dan berkumpul pada satu titik di tengah, maka Anda harus membuat beberapa tindakan lebih.

Cara paling efektif untuk mengetahui kuat tidaknya pallet Anda adalah dengan menggunakan pallet plastik karena plastik memiliki kapasitas beban statis. Pallet kayu tidak dapat menjamin kapasitas muatan produk Anda baik yang baru maupun yang digunakan kembali.

Penyebabnya adalah kekuatan kayu yang berbeda-beda di setiap produksi. Contohnya, ketika Anda mendapatkan beberapa pallet kayu bulan ini dan hasil ujian menyatakan bahwa kapasitas muatannya sama rata. Namun beberapa bulan kemudian, Anda tidak dapat menentukan apakah kapasitasnya akan sama dan konsekuensi seperti apa yang dapat terjadi.

Apakah benar bahwa pallet plastik jauh lebih mahal daripada kayu?

Hal ini tentu saja tidak benar. Kondisi pallet kayu akan semakin bertambah buruk seiring waktu meski dengan perawatan yang baik, sedangkan plastik akan tetap memiliki ukuran dan kekokohan yang sama dengan perawatan yang lebih minim.

Memang benar bahwa dibandingkan kayu, plastik memiliki harga yang lebih mahal pada awalnya. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan timbal balik yang lebih baik daripada kayu. Satu pallet plastik saja dapat bertahan hingga 10 tahun.

Hampir seluruh bisnis yang berpindah dari pallet kayu ke plastik merasakan keunggulannya. Anda bisa mendapatkan pallet yang tahan lama dan dapat digunakan berulang kali tanpa pengurangan performa.

Perlu diketahui bahwa membeli pallet plastik adalah sebuah investasi. Anda mengeluarkan cukup banyak uang di awal untuk mendapatkan servis selama 10 tahun atau lebih. Pallet kayu memang lebih murah namun Anda harus sering menggantinya.

Untuk pertanyaan lain yang masih belum terjawabkan, jangan ragu untuk menanyakannya langsung kepada tim PT. Fajar Putra Plasindo. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.