October 8, 2018

Menumpuk Pallet Plastik Kosong Dengan Aman

Pallet plastik yang tidak digunakan pastinya akan ditumpuk supaya menghemat ruangan. Cara menumpuk yang aman adalah hal penting yang harus dilakukan. Pada dasarnya, Anda harus meletakkan pallet pada permukaan yang rata dan untuk menghindari kecelakaan, dianjurkan untuk menggunakan peralatan khusus.

Jika harus ditangani oleh tenaga manusia, maka Anda harus memastikan bahwa orang-orang tersebut mengikuti prosedur seperti berikut:

  • Pastikan bahwa minimal ada dua orang yang menangani pallet kosong. Mereka juga harus menggunakan sarung tangan apabila pallet yang digunakan adalah kayu. Namun untuk plastik, sarung tangan tidak diperlukan. Selain itu, sepatu boots juga penting untuk melindungi kaki dari pallet yang terjatuh atau saat diturunkan.
  • Pekerja gudang atau siapapun yang mengangkat pallet tersebut harus paham dengan cara mengangkat pallet yang benar dan aman, misalnya mengangkat dengan kaki, bukan dengan punggung. Mereka juga sebaiknya mengangkat pinggiran pallet dan meletakkannya di tumpukan paling atas, lalu menyelipkan atau menyorongnya. Berat harus ada pada lantai dan pallet lainnya.
  • Para pekerja tidak boleh menumpuk pallet lebih tinggi dari 2 meter dan selebihnya. Bila di atas tinggi yang sudah disebutkan, penumpukan pallet harus dilakukan dengan forklift atau alat lainnya.

Selain menumpuk pallet pada permukaan yang benar-benar rata, Anda juga harus menumpuknya secara rata. Ketidakstabilan sebuah tumpukan umumnya ditandai dengan pallet yang muncul keluar atau berat yang tidak ditanggung atau ditumpu oleh seluruh sisi.

Bila tumpukan tidak stabil, maka resiko pekerja yang akan kejatuhan atau tertimbun pallet serta kerusakan produk akan semakin meningkat.

Apabila Anda memiliki pallet kayu, maka fungsi serta keutuhan pallet tersebut semakin lama akan semakin berkurang. Mesin atau alat, bahkan pekerja Anda sendiri dapat mengurangi kualitas pallet tersebut sedikit demi sedikit.

Sebaliknya, pallet plastik tidak akan mengalami hal ini sehingga Anda tetap akan mendapatkan pallet yang berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. Tentunya, untuk pallet yang berkualitas, Anda harus memperolehnya dari pabrik pallet yang terpercaya seperti PT. Fajar Putra Plasindo.

Seberapa tinggi Anda harus menumpuk pallet plastik?

Apabila pallet kayu disimpan pada gudang, maka Anda dapat menumpuknya hingga kurang lebih dua meter dan dibagi 4 bagian. Berikan jarak sekitar 2,5 meter di antara bagian pallet tersebut.

Untuk pallet plastik dengan kualitas tinggi seperti pilihan dari pabrik pallet PT. Fajar Putra Plasindo, maka menumpuk dan menangani pallet adalah hal yang lebih mudah. Apalagi varian plastik dilengkapi dengan ruas yang memudahkan Anda untuk menyusunnya.

Selain itu, varian plastik juga lebih ringan daripada kayu. Satu pallet plastik memiliki berat sekitar 20kg, sedangkan kayu memiliki berat sekitar 34kg. Pekerja Anda juga tidak akan menemukan paku dan ujung tajam pada plastik.

Agar proses penyusunan pallet Anda berjalan lebih lancar dan menjauhkan pekerja Anda dari resiko atau bahaya di gudang pallet Anda, pabrik pallet seperti PT. Fajar Putra Plasindo hadir untuk membantu Anda di masalah ini. Segera hubungi kami untuk solusi terbaik pallet perusahaan Anda.

Tips , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.